Minggu, 25 September 2016

Tips Mengurangi Lemak dan Kolesterol

Seperti yang kita ketahui lemak dan kolesterol  merupakan salah satu faktor penyebab penyakit jantung. Terlalu sering mengasup lemak dan kolesterol akan berpengaruh buruk bagi kesehatan. Untuk itu diperlukan ke hati hatian dalam proses serta cara menyajikan makanan. Berikut ini beberapa tips untuk mengurangi kadar lemak dan kolesterol dalam makanan yang akan anda sajikan.


  • Untuk menjaga kolesterol tubuh, sebaiknya minimalkan memasak dengan cara menggoreng. Lebih baik bahan makanan dimasak dengan cara dikukus, dipanggang atau bisa juga dioven.
  • Jika terpaksa harus menggorengnya, usahakan untuk selalu menggunakan minyak yang sehat, seperti; minyak jagung, minyak sayur atau minyak zaitun, usahakan 1 kali pakai, maximal 2 kali pakai. Untuk menumis selalu gunakan minyak baru (bukan  minyak jeantah).
  • Ketika mengolah daging ayam, usahakan buang kulitnya karena kulit ayam banyak mengandung lemak, atau pilih daging sapi nomer satu, yang tidak banyak mengandung lemak.
  • Telur juga memiliki kandungan lemak, Untuk mengurangi lemak yang terkandung dalam telur, sebaiknya ganti 1 butir telur, dengan 2 putih telur.
  • Gunakan peralatan memasak (wajan atau panci) antilengket yang memungkinkan Anda memasak tanpa harus menggunakan minyak atau hanya memerlukan sedikit minyak saja, sehingga dapat mengurangi kadar lemak makanan yang anda masak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar